Selasa, 15 November 2016

Tugas 1 : Inovasi Tentang Pembelian Tiket Transportasi




KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat, hidayah, dan karunia-Nya lah makalah "Inovasi Pembelian Tiket Transportasi" dapat terselesaikan dengan lancar. Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memnuhi tugas dari mata kuliah Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern.
Penulisan dan penyusunan makalah ini merupakan hasil susunan data yang di dapat dari internet dan pendapat dari penulis.Diharapkan makalah ini dapat memberi manfaat bagi pembaca.
Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu saya memerlukan kritik dan saran dari pembaca agar makalah ini dapat disusun lebih baik lagi untuk kedepannya



. DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1     PENDAHULUAN
 1.1. Latar Belakang
 1.2. Rumusan Masalah
 1.3. Tujuan Masalah
BAB II      PEMBAHASAN
 2.1. Inovasi Dalam Pembelian Tiket
 2.2. Dampak Dalam Inovasi Pembelian Tiket
BAB III      PENUTUP
 3.1. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang
Perkembangan arus teknologi dapat berkembang setiap hari. Perkembangan dari teknologi tersebut dapat memudahkan masyarakat dalam memenuhi urusan mereka.
Perkembangan teknologi di zaman modern ini karena adanya inovasi-inovasi yang dapat memecahkan suatu masalah, baik itu masalah kecil maupun masalah yang besar hingga kompleks. Contoh penerapan inovasi perkembangan teknologi yang dirasakan di zaman modern sekarang adalah pembelian tiket transportasi.
Perkembangan teknologi dalam hal pembelian tiket transportasi sangatlah menguntungkan masyarakat. Sebelum kita mengenal tiket online, calon penumpang harus membeli tiket langsung di loket yang telah disediakan atau bisa menghubungi agen travel.
Dengan seiringnya perkembangan teknologi, calon penumpang sekarang dapat membeli tiket pada mini market atau calon penumpang dapat memesan tiket pada handphone dengan cara mendownload aplikasi yang telah tersedia untuk pemesanan tiket. Dengan cara ini calon penumpang dapat meghemat waktu tanpa harus membelinya lewat agen travel atau memesannya melalui loket.

1.2.    Rumusan Masalah
1. Inovasi apa saja yang terdapat dalam pembelian tiket?
2. Dampak apa saja dari inovasi pembelian tiket?

1.3   Tujuan Masalah
1. Untuk mengetahui apa saja invoasi dalam pembelian tiket.
2. Untuk mengetahui dampak dari invoasi pembelian tiket.

BAB II
PEMBAHASAN

Inovasi adalah sebuah proses pembaharuan dalam unsur kebudayaan masyarakat, yakni teknologi. Inovasi berarti penemuan baru dalam teknologi manusia. Dalam pengertian lain, inovasi juga dapat di definisikan sebagai kemampuan untuk memperkenalkan hal-hal baru atau temuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya.
Pada umumnya, inovasi dibedakan atas inovasi yang terjadi karena sengaja (invention) dan inovasi yang terjadi tanpa disengaja (discovery). Invention adalah proses munculnya suatu hal baru dari kombinasi hal-hal lama yang telah ada. Sedangkan, discovery adalah penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat menjadi invention jika masyarakat sudah mengakui, menerima, dan memanfaatkan hasil inovasi tersebut.

2.1. Inovasi Dalam Pembelian Tiket
Inovasi yang ada dalam pembelian tiket pada saat ini adalah cara pembelian tiket itu sendiri. Pada saat belum tersedia nya layanan internet, kita harus pergi ke loket atau agen terdekat agar dapat membeli tiket. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kita dapat memesan tiket dimana pun dan kapan pun. Kita dapat membeli tiket melalui mini market atau sekarang telah tersedia aplikasi untuk pemesanan tiket pada smartphone. Dengan cara ini para calon penumpang dapat membeli tiket tanpa harus membuang banyak waktu dan tenaga.
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) telah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli tiket melalui aplikasi dari Blackberry (BB). Dengan aplikasi ini masyarakat tak perlu antre dan membeli tiket lewat loket atau pun melalui agen lagi. Pemesanan tiket melalui Blackberry (BB) dapat di download pada BB World  bernama “Kereta Api Indonesia”. Melalui aplikasi ini reservasi tiket kereta api dapat dilakukan 10 jam hingga 90 hari sebelum keberangkatan kereta api.

2.2. Dampak Dalam Inovasi Pembelian Tiket
Berikut ini adalah dampak positif serta dampak negatif dati pemesanan tiket :

a.   Dampak Positif
1.   Memudahkan transaksi dalam hal pemesanan atau pembelian tiket
2.   Tidak perlu mengantri untuk membeli tiket
3.   Menghemat waktu serta tenaga dalam pembelian tiket

b.   Dampak Negatif
1.   Terjadinya penipuan untuk penjualan tiket atas website – website yang tidak resmi
2.   Diperlukan handphone atau semacamnnya untuk pemesanan tiket secara online
3.   Membuaat kita menjadi malas karena pengaruh teknologi yang semakin berkembang

BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
Suatu inovasi akan terwujud karena adanya suatu perkembangan pada teknologi di zaman modern ini. Salah satu bentuk inovasi di zaman modern ini adalah pembelian tiket. Yang pada dasarnya untuk dapat membeli tiket kita harus membelinya secara langsung melalui loket atau agen, sekarang telah dimudahkan dengan pembelian tiket secara online. Namun kita juga harus pandai memilih karena semakin berkembang nya teknologi akan semakin banyak nya kasus penipuan. Perlu diingat bahwa semua yang baik belum tentu akan menghasilkan sesuatu yang baik.

DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Pre Test dan Post Test Etika dan Profesionalisme TSI

Nama: Dirgo Endra Purwa Ananta NPM: 11115981 Kelas: 4KA09