Selasa, 17 Januari 2017

Pengertian VirtualBox dan Docker

A.  VirtualBox
VirtualBox pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh Sun Microsystems. Dan VirtualBox menjadi milik Oracle saat pengakuisisian oleh Sun Microsystems.


VirtualBox adalah suatu perangkat lunak virtualisasi yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi tambahan di dalam sistem operasi utama. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.



Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

Sistem operasi yang dapat menjalankannya VirtualBox ini adalah antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris




B.  Docker
Docker pertama kali dikembangkan oleh Solomon Hykes sebagai proyek internal di dotCloud, yang merupakan sebuah perusahaan PaaS (Platform as a Service). Docker adalah sebuah proyek yang bersifat open-source yang mengotomatisasikan penyebaran aplikasi di dalam sebuah wadah atau container untuk memasukkan sebuah aplikasi secara lengkap beserta semua hal lainnya yang dibutuhkan sehingga dapat berjalan dimana saja.


Docker memberikan lapisan tambahan abstraksi dan otomatisasi virtualisasi sistem operasi tingkat di Linux. Docker menggunakan fitur isolasi sumber daya dari kernel Linux seperti cgroups dan ruang nama kernel, dan sistem file serikat berkemampuan seperti OverlayFS untuk memungkinkan dijalankan.


Docker menggunakan arsitektur berbasis client-server. Dalam hal ini, Docker client mengirimkan permintaan berupa sebuah perintah kepada Docker daemon untuk membangun, mendistribusikan, dan menjalankan container Docker.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Pre Test dan Post Test Etika dan Profesionalisme TSI

Nama: Dirgo Endra Purwa Ananta NPM: 11115981 Kelas: 4KA09