Sabtu, 13 Januari 2018

Tugas 3 Pengantar Teknologi Sistem Cerdas : Smart System

Smart Home



Disini saya akan membahas salah satu contoh dari smart system, yaitu Smart Home. Smart Home merupakan perpaduan antara teknologi informasi dan teknologi komputasi yang di terapkan di dalam rumah ataupun bangunan yang dihuni oleh manusia dengan mengandalkan efisiensi, otomatisasi perangkat, kenyamanan, keamanan, dan penghematan perangkat elektronik rumah.


Aplikasi rumah pintar (Smart Home) ini dapat mempermudah pengguna dalam mengontrol peralatan elektronik rumah tangga seperti lampu, AC dan TV sehingga dapat mengurangi adanya pemborosan listrik ketika pengguna lupa untuk mematikan peralatan elektronik rumah tangga, ketika keadaan diluar rumah atau dimanapun pengguna berada.




Dari ketiga jurnal yang telah saya baca dapat dikutip bahwa pengendalian peralatan elektronik dapat dijalankan oleh pengguna melalui interface web yang akan terhubung dengan mikrokontroller, mikrokontroller yang digunakan dalam aplikasi ini adalah Raspberry Pi. Penelitian dilakukan dengan melakukan perencanaan dan pengembangan sistem, implementasi sistem dan ujicoba komunikasi  sistem yaitu monitoring dan kendali peralatan elektronik.

Selain itu, aplikasi kendali dan monitoring peralatan listrik rumah tangga jarak jauh dengan Android merupakan aplikasi yang dirancang khusus bagi pengguna untuk membantu dalam melakukan pengendalian peralatan listrik rumah tangga tanpa harus menggunakan saklar rumah dan dapat dengan mudah mematikan dan menghidupkan peralatan listrik rumah tangga melalui aplikasi di Smartphone Android.




Sumber :
Prihatmoko, D. (2017). Pemanfaatan Raspberry Pi Sebagai Server Web Untuk Penjadwalan Kontrol Lampu Jarak Jauh. Jurnal Infotel. Vol.9, No.1.

Masykur, F., Prasetiyowati, F. (2016). Aplikasi Rumah Pintar (Smart Home) Pengendali Peralatan Elektronik Rumah Tangga Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). Vol. 3, No. 1.

Panduardi, F., Sailul, E. (2016). Wireless Smart Home System Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan. Vol. 03, No. 01.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Pre Test dan Post Test Etika dan Profesionalisme TSI

Nama: Dirgo Endra Purwa Ananta NPM: 11115981 Kelas: 4KA09