Kamis, 18 Januari 2018

Tugas Pengolahan Citra

Tools Pengolahan Citra


Pengolahan Citra adalah proses untuk melakukan transformasi atau manipulasi dari suatu citra atau gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. Berikut ini saya akan membahas tentang tools - tools apa saja yang dapat digunakan dalam pengolahan citra.



1. Matlab


Matlab merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan kemampuan yang sangat baik untuk menyelesaikan suatu komputasi numerik baik secara sederhana maupun kompleks. Matlab memiliki kemampuan mengintegrasikan komputasi, visualisasi, dan pemrograman.

Oleh karena itu, matlab banyak digunakan dalam bidang riset‐riset yang memerlukan komputasi numerik yang kompleks. Kepanjangan dari Matlab itu sendiri adalah Matrix Laboratory. Sesuai dengan namanya, struktur data yang terdapat dalam Matlab menggunakan matriks atau array berdimensi dua (double).



2. Scilab


Scilab merupakan perangkat lunak berlisensi terbuka yang dapat digunakan untuk keperluan proses komputasi numerik. Selain berlisensi terbuka (open source), Scilab juga dapat dijalankan di berbagai sistem operasi (cross-platform). Perintah-perintah yang digunakan juga mudah dipahami dan menggunakan istilah yang umumnya digunakan di bidang komputasi numerik dan teknik.



3. GNU Octave


GNU Octave adalah aplikasi free dan open source yang ditujukan untuk komputasi numerik linear maupun non linear. Octave merupakan perangkat lunak berlisensi terbuka (GNU) yang sangat bermanfaat untuk menyelesaikan berbagai masalah komputasi numerik.

Perangkat lunak ini menawarkan kemudahan dan kesederhanaan dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan vektor dan matriks. Octave pertama kali dibangun oleh John W. Eaton dan diberi nama berdasarkan nama seorang profesor di bidang reaksi kimia dari Oregon State University yang bernama Octave Levenspiel.


4. FreeMat


FreeMat adalah perangkat lunak bebas yang dipakai untuk penyelesaian berbagai masalah matematika. Perangkat lunak ini dirancang untuk dapat setara dengan kemampuan perangkat lunak MATLAB dan GNU Octave.



Sumber:
Wikipedia
Codepolitan
Achmatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Pre Test dan Post Test Etika dan Profesionalisme TSI

Nama: Dirgo Endra Purwa Ananta NPM: 11115981 Kelas: 4KA09